Untuk Apa Belajar Persamaan Linear ?




Persamaan Linear

Pada postingan sebelumnya, kita sudah membahas apa itu persamaan linear dan bagaimana memecahkan masalah dan soal - soal yang berkaitan tentang persamaan linear. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti link berikut ini disini dan disini.
Dikutip dari web https://sciencing.com/linear-equations-used-everyday-life-6022370.html.kita akan ambil sedikit tulisan dari Jessica Smith di website tersebut.
Linear equations use one or more variables where one variable is dependent on the other. Almost any situation where there is an unknown quantity can be represented by a linear equation, like figuring out income over time, calculating mileage rates, or predicting profit
Persamaan linear menggunakan satu atau lebih variabel yang mana variabel tersebut saling berpengaruh. Hampir disetiap situasi dalam keadaan apapun, untuk mencari banyaknya jumlah yang akan dihitung bisa kita lakukan  dengan merepresentasikan masalah tersebut ke dalam persamaan linear, seperti mengetahui batas pengeluaran, menghitung jarak tempuh, atau menghitung profit atau pendapatan

 Variabel Cost

Misalkan kita akan bepergian menggunakan sebuah taksi dan kita tahu bahwa tarif untuk menjemput kita dari hotel adalah Rp. 25.000,- dan tarif tiap Kilometernya RP. 700,-, maka kita bisa memperhitungkan berapa jarak yang akan kita tempuh dengan uang yang kita punya. Jika Y adalah biaya yang akan kita keluarkan dan x adalah jarak yang kita tempuh, maka berapa nilai Y dapat kita hitung dengan cara Y = 700.x + 25.000.


Membuat suatu prediksi

Sama dengan cara pendekatan diatas, kita dapat memprediksi jumlah pemasukan tiap bulan dari perdagangan yang kita lakukan. Bisa melihat berapa peluang pemasukan pada saat yang kita prediksi.


Budgeting (Penganggaran)

Dengan perhitungan diatas, kita juga akan lebih mudah untuk membuat anggaran untuk satu tahun bahkan beberapa tahun kedepan.

Sebenarnya dengan konsep Y = ax + b kita bisa dapat melakukan perhitungan pada kehidupan sehari - hari. Hanya saja, konsep dengan menggunakan persamaan jarang kita lakukan sehari - hari. Akan tetapi pada dasarnya pada kehidupan sehari - hari , baik sadar atau tidak kita telah menanamkan konsep persamaan linear itu.
Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat untuk kita bersama.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak