Diagram Venn

Apa itu Diagram Venn?




Diagram Venn merupakan suatu gambar yang digunakan untuk memetakan suatu himpunan dalam suatu kejadian atau semesta. Sedangkan himpunan merupakan suatu objek, benda, ataupun bilangan yang dapat diukur dan didefenisikan sehingga bisa dikategorikan apakah benda tersebut merupakan suatu anggota himpunan atau tidak.

Dalam diagram venn, terdapat tiga ketentuan yang harus dipenuhi :
  • Himpunan Semesta (s) : biasanya dilambangkan dengan huruf "s" dan terletak di atas atapun disudut dari suatu gambar.
  • Setiap himpunan yang dibicarakan (diluar dari himpunan kosong).
  • Anggota himpunan.
Beberapa kategori himpunan yang bisa diambil dari diagram venn antara lain :

Himpunan yang berpotongan

Dikatakan sebagai himpunan yang berpotongan apabila ada anggota himpunan yang dimiliki oleh himpunan lainnya, gampangnya adalah ada anggota himpunan yang sama - sama dimiliki oleh 2 atau lebih himpunan.Contohnya adalah Himpunan A yang berpotongan dengan Himpunan B dan dapat ditulis dengan A∩B

Himpunan saling lepas

Dikatakan sebagai himpunan yang saling lepas apabila tidak ada anggota himpunan yang dimiliki oleh himpunan lainnya, gampangnya adalah ada anggota himpunan yang sama - sama tidak memiliki anggota himpunan.Contohnya adalah Himpunan A yang saling lepas dengan Himpunan B dan dapatditulis dengan A//B

Himpunan bagian

Himpunan yang ketiga adalah himpunan bagian. Himpunan A dapat dikatakan himpunan bagian dari himpunan B jika semua anggota himpunan A merupakan anggota dari himpunan B. Untuk lebih mudahnya di ilustrasikan seperti berikut ini:

Himpunan yang sama

Himpunan yang sama dapat dinyatakan jika setiap anggota A merupakan anggota B dan setiap anggota B merupakan anggota A. Misalnya A = {1, 2, 3, 4, 5} dan B = {5, 4, 3, 2, 1}. Nah anggota kedua himpunan ini sama persis kan squad? Jadi dapat dikatakan himpunan A sama dengan himpunan B. Himpunan yang sama ini dapat ditulis A = B.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak