Konsep Dasar Bilangan dan Jenis Bilangan


Bilangan

Bilangan merupakan suatu konsep atau materi dalam ilmu matematika yang digunakan untuk melakukan pencacahan atau perhitungan. Simbol dalam matematika digunakan untuk mewakili dari bilangan - bilangan tersebut.



diagram bilangan matematika

Diagram bilangan dapat dilihat pada gambar diatas.

Macam - Macam Bilangan

Dari gambar diatas dapat kita lihat diagram dari bilangan yang dapat kita jabarkan sebagai berikut :
  1. Bilangan Kompleks : Merupakan bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk "a + bi" .  "i" merupakan bilangan imajiner. Jadi bilangan kompleks dapat diartikan sebagai bilangan yang terbentuk dari gabungan bilangaan riil dan bilangan imajiner.
  2. Bilangan Riil : merupakan bilangan yang anggota himpunannya terdiri dari gabungan bilangan rasionan dan irrasional. Contohnya adalah (log 10,5/8,-3,0,3)
  3. Bilangan Rasional : Merupakan himpunan bilangan yang anggotanya merupakan bilangan yang dapat dinyatakan sebagai a/b dimana a dan b adalah bilangan bulat dan b tidak sama dengan 0. Artinya bilangan rasional ini adalah bilangan yang bukan Bilangan tak berhingga. Contoh (0,-2,2/7,5,2/11)
  4. Bilangan Pecahan : merupakan bilangan berkoma. (tentu bilangan ini tidak perlu dijelaskan lebih lanjut)
  5. Bilangan Bulat : merupakan himpunan dari bilangan cacah dan bilangan bulat negatif. Bilangan bulat merupakan bilangan utuh baik itu positif maupun bilangan negatif. Contoh (-3,-2,-1,0,1,2,3)
  6. Bilangan Cacah : merupakan bilangan yang merupakan himpunan dari bilangan bulat positif atau nol. Contoh (0,1,2,3,4,...)
  7. Bilangan Bulat Negatif : Merupakan bilangan yang merupakan himpunan bilangan yang bulat dan negatif . Contoh (-1,-2,-3,...)
  8. Bilangan Komposit : merupakan bilangan yang bukan 0, bukan 1 dan bukan bilangan prima.
  9. Bilangan Prima : Merupakan bilangan yang hanya dapat dibagi dengan bilangan itu sendiri. COntoh (2,3,5,7,dst). Untuk mengetahui tentang bilangan prima, silahkan lihat dalam posting ini.
Jenis - jenis bilangan ini perlu untuk dipelajari karena jenis bilangan ini akan dipakai sampai tahap lanjut dalam pendidikan matematika. Istilah bilangan dalam matematika ini juga harus dipahami supaya kita mudah menganalisa kejadian dan soal dalam kehidupan sehari - hari
Sekian postingan kali ini mengenai Konsep Bilangan. Mudah - mudahan artikel ini dapat membantu kita semua.


0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak