Diferensial, Integral, Pengertian dan Kaitannya dalam FISIKA dan KIMIA

Kalkulus Matematika" yang mempelajari bagaimana suatu fungsi dapat berubah sesuai dengan keadaan dan waktu tertentu.
Matematika merupakan salah satu ilmu pasti yang mempelajari cara merubah suatu permasalah untu dituliskan secara sistematis dan tepat. Menurut rujukan dari wikipedia.com diferensial merupakan salah satu cabang dari "
Didalam pelajaran FISIKA, diferensial dan integral ini banyak dipakai dalam menuliskan fungsi dari kecepatan, perpindahan, dan percepatan terhadap waktu. Dalam ilmu kimia, laju reaksi suatu benda memakai konsep dari turunan. 

Manfaat mempelajari diferensial dan integral

Sangat susah dalam mengaplikasikan diferensial dan integral secara langsung dalam kehidupan sehari - hari. Mengingat konsep dari turunan dan integral ini dapat dipakai berdasarkan konsep waktu dalam kondisi tertentu, hal ini membuat turunan dan integral jarang dipakai sehari - hari. Konsep ini biasa dipakai pada perusahaan - perusahaan yang memproduksi suatu barang dalam jumlah banyak. Manfaat perusahaan tersebut memakai turunan dan integral antara lain :
  • Dapat membaca grafik dari pemasaran produk secara tepat. Hal ini berimbas kepada ketepatan pemilik perusahaan dalam menentukan langkah dan strategi pemasaran yang tepat menurut kepada trend grafik pemasaran tersebut.
  • Menentukan nilai maksimum dan minimum dari suatu permasalahan. Hal ini juga tidak terlepas dari membaca grafik. Dengan menerapkan konsep turunan dan integral, masalah - masalah yang muncul dapat di baca dan dimengerti secara tepat sehingga dapat memecahkan masalah tersebut dengan tepat juga.
  • Dalam ilmu fisika, penerapan integral dapat dilakukan untuk menghitung nilai perpindahan, jarak dan percepatan suatu benda. Sehingga memudahkan penyelesaian masalah dan mencari solusi dari permasalahan tersebut.
Dari sekian banyak literatur yang saya baca, penerapan konsep turunan dan diferensial ini lebih banyak diaplikasikan dalam fungsi grafik. Sehingga apabila ada suatu grafik dalam garis bisa dibaca dan diitung secara cepat dan tepat menggunakan metode ini. Boleh dibilang, bahwa integral dan diferensial bagi seorang siswa merupakan suatu materi yang wajib dan tidak boleh dilewatkan oleh siswa, karena penerapan konsep ini akan dipakai pada tingkat yang lebih tinggi seperti perguruan tinggi dan dunia pekerjaan.

Mudah - mudahan artikel yang singkat ini dapat membantu memahami kenapa integral dan diferensial itu perlu dipelajari disekolah - sekolah.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak