Hubungan Matematika dan Sistem Informasi

Sistem Informasi

Merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini. Hampir semua perusahaan dan perkantoran membutuhkan sarjana Sistem Informasi. Di awal tahun 2005, jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan favorit di Perguruan Tinggi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya Universitas baik Universitas Negeri maupun Universitas Swasta membuka Program Studi ini. Seiring perkembangan waktu, teknologi juga semakin berkembang dan dibutuhkan seorang dengan keahlian di bidang IT khususnya teknologi dan informasi. Berbanding lurus dengan kebutuhan dilapangan, peminat dari program studi ini pun menjadi membludak.

Diambil dari wikipedia.com, Sistem Informasi adalah kombinasi dari Teknologi Informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah Sistem Informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritma, data, dan teknologi.

Tujuan dari Sistem Informasi seperti dikutip dalam wikipedia.com adalah untuk mengumpulkan data dan diolah sedemikian rupa agar data tersebut bermanfaat dan bernilai informatif. Agar data tersebut dapat berguna, maka ada 3 pilar yang harus diterapkan yaitu :
  • Relevance, yang artinya tepat guna
  • Timeliness, yang artinya tepat waktu
  • Accurate, yang artinya akurat
Data hasil olahan tanpa memperhatikan ketiga pilar diatas disebut dengan data samph (garbage).

Hubungan Matematika dengan Sistem Informasi

Persamaan yang dapat kita ambil jika mempelajari matematika adalah adanya materi yang membahas persamaan logika. Persamaan logika tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam sistem komputer melalui bahasa pemograman yang rasional dan sistematis. Beberapa kajian matematika yang memberikan kontribusi dalam perkembangan pengkajian komputer antara lain : Arithmatika, Logika, Sistem Bilangan Real, dll. Kajian matematika tersebut kemudian diterjemahkan menggunakan bahasa pemograman seperti Fortran, Pascal, Cobol, dsb. 
Dalam matematika dan komputasi, algoritma merupakan kumpulan perintah - perintah yang diberikan  kepada komputer agar dapat menyelesaikan suatu masalah atau kasus. Desain dan analisis algoritma merupakan salah satu kajian khusus dalam ilmu komputerisasi yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan suatu kasus atau masalah. 
Yang perlu kita ketahui bersama adalah, Ilmu komputer dan matematika terkait dalam hal sebagai berikut :
  • Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika, dan linguistic.
  • Dalam tiga dekade terakhir, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru yang tidak terlepas dari akar ilmu elektronika, matematika dan linguistic.
  • Departemen Ilmu Komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962.
Demikianlah penjelasan singkat hubungan antara matematika dan Sistem Informasi yang mungkin saha bermanfaat bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di bidang SIstem Informasi. Semoga postingan ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua.




0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak