Manfaat Peluang Matematika Dalam Kehidupan Sehari -Hari

 

Peluang adalah banyaknya kemungkingan dari setiap kali percoabaan yang dilakukan. Contohnya adalah, berapa kemungkinan munculnya angka dari 3 kali percobaan melempar koin..??

Nah, dalam kehidupan sehari – hari, peluang merupakan sebuah teori yang sangat erat kaitannya dalam mengambil sebuah keputusan. Misalnya jika kita akan pergi bermain keluar rumah dan melihat cuaca di luar rumah mendung, tentunya kita akan memperkirakan berapa kemungkinan akan turun hujan pada hari ini. Karena peluang merupakan teori yang sangat banyak dipakai dalam kehidupan sehari – hari, mari kita simak kapan dan dimana teori ini dipakai oleh masyarakat pada umumnya.

1. Untuk mengambil sebuah kesimpulan atas sebuah hipotesis yang terkait tentang masalah populasi. Kenapa populasi? Karena sebuah peluang dapat diambil berdasarkan titik sampel yang banyak. Itulah kenapa rumusan teori peluang dikemukakan karena menyangkut jumlah data dan titik sampel yang sangat banyak. Di sekolah – sekolah dan Perguruan Tinggi, teori ini tetap dipakai sampai sekarang. Penulispun dalam menyelesaikan Tugas Akhir menggunakan teori ini dalam sebuah program yang penulis buat. Itulah kenapa peluang ini sangat penting untuk dipelajari khususnya bagi seorang akademisi.

2. Mengukur derajat ketidakpastian dari analisis sampel hasil penelitian dari suatu populasi. Misalnya ketika akan diadakan sensus penduduk, maka akan dilihat jumlah penduduk dan jumlah laki-laki dan perempuan. Jika di sensus tahun 2010 jumlah perbandingan laki-laki dengan perempuan adalah sebesar 5:6 dan di tahun 2000 jumlah perbandingan laki-laki dengan perempuan adalah sebesar 5:5, maka dapat diambil kesimpulan bahwa jumlah pertumbuhan penduduk yang berjenis kelamin laki – laki mengalami pertumbuhan dalam satu dekade terakhir.

3. Teori peluang membantu seorang peneliti dalam mengambil keputusan tentang sebuah kejadian yang tidak pasti. Tentunya dalam kehidupan sehari – hari tidak pernah adanya namanya kepastian. Akan tetapi peneliti menggunakan teori ini untuk menarik kesimpulan dari beberapa titik sampel yang didapatkan dan titik sampel ini tidak selalu statis artinya titik sampel ini tidak pernah persis sama antara satu data dengan data yang lain.

4. Dalam perdagangan misalnya pemilik toko ingin menambah stok barang di tokonya, tentunya si pemilik toko akan menghitung peluang barang yang akan laku dan laris dipasaran. Dengan teori peluang ini, si pemilik toko akan berupaya untuk mendahulukan barang yang cepat laku di pasaran.

5. Dalam SNMPTN pun kita diminta untuk memilih Universitas dan Jurusan yang kita sukai. Aturan dalam SNMPTN misalnya Paket IPA diperbolehkan memilih 2 jurusan. Maka tentunya kita akan melakukan urutan pemilihan berdasarkan besarnya peluang yang kita dapatkan untuk bisa lolos ujian. Contohnya Fakultas Kedukteran UI mempunyai saingan lebih tinggi dari Fakultas Kedokteran UGM, dengan melihat data seperti ini, tentunya kita akan meletakkan Fakultas Kedokteran UI pada pilihan pertama dan Fakultas Kedokteran UGM pada pilihan kedua.

Sebenarnya masih banyak contoh – contoh penerapan teori peluang matematika dalam kehidupan sehari – hari. Kita bisa melihat dan menyimpulkan sendiri. Dengan adanya tulisan ini hendaknya kita tidak perlu lagi mempertanyakan kenapa harus ada teori Peluang dalam Matematika.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak