LOGARITMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI - HARI

Apa Itu Logaritma

Sebelum kita membahas mengenai kegunaan logaritma dalam kehidupan sehari - hari, kita akan membahas sedikit mengenai apa itu logaritma. Logaritma secara dasar merupakan operasi matematika dimana logaritma tersebut merupakan kebalikan dari Eksponen (perpangkatan) yang artinya untuk mencari nilai dari suatu bilangan logaritma harus membalikkan fungsi dari eksponensial. Mengenai teori Eksponensial dan Logaritma dapat dilihat pada tautan situs ini LOGARITMA dan EKSPONENSIAL

Kegunaan dari Logaritma

Sekarang kita akan memikirkan untuk apa logaritma itu dipelajari. Kalau kita melihat dari teori dari link ini, kita bisa sedikit mengambil kesimpulan mengenai apa itu logaritma dan kasus - kasus umum dalam pemecahan masalah logaritma dan eksponen. Nah, apabila kita melihat contoh soal dan pembahasan mengenai logaritma ini, kita bisa menarik kesimpulan bahwa logaritma merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan contoh persoalan mengenai fungsi yang memiliki pangkat banyak, bahkan bisa dilakukan untuk fungsi yang memiliki pangkat yang tidak diketahui (n). Logaritma dapat memudahkan dalam mencari turunan (integral) dari suatu kasus.

Contoh bn = x, b dapat dicari dengan menggunakan pengakaran, n dengan cara logaritma, x dengan fungsi eksponensial.

Lalu apa manfaat logaritma itu sendiri dalam kehidupan sehari - hari?
Untuk pertanyaan ini, penulis tidak menemukan manfaat atau kegunaan logaritma dalam kehidupan sehari - hari secara langsung, tetapi kita dapat mendapatkan manfaat logaritma ini dalam kehidupan secara tidak langsung. Artinya, logaritma terlalu rumit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari - hari. Logaritma dipakai oleh para peneliti dan saint untuk menyederhanakan bilangan berpangkat yang sangat banyak. Hasil penemuan dari peneliti dan saint ini berpengaruh dalam kehidupan kita, contoh penemuan komputer dan smartphone yang banyak menggunakan logaritma dalam pembuatan program mereka.

Pada waktu dulu sebelum ditemukan ilmu logaritma, sangat susah sekali bagi astronom untuk mengukur jarak antar bumi dengan bulan atau jarak antara satu bintang dengan bintang yang lainnya. Kenapa? karena jarak di angkasa sangat jauh dan apabila dikalikan dengan bilangan berpangkat, hasilnya akan sangat banyak sekali. Sehingga dengan menggunakan logaritma akan memudahkan dalam mengalikan dan menghitung jarak antara satu objek dengan objek lain yang mempunyai jarak yang sangat jauh.

Dalam ilmu biologi pun dipakai ilmu logaritma ini. Contoh dalam menghitung pertumbuhan suatu tumbuhan membutuhkan waktu yang sangat lama, dengan menggunakan logaritma nilai dari pertumbuhan tumbuhan ini dapat diperhitungkan dengan lebih cepat.

Dalam ilmu saint dan teknik. Logaritma diterapkan dalam membuat sebuah aplikasi kecerdasan buatan (artificial intelegent). Contoh dalam membuat suatu software sederhana diperlukan logaritma yang sesuai dengan kehidupan sehari - hari.

Itulah beberapa kegunaan logaritma dalam kehidupan sehari - hari. Walaupun tidak berhubungan langsung dalam kehidupan pribadi, tetapi penerapan logaritma memberikan banyak kemajuan dalam mempermudah kehidupan sehari - hari.


0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak