Logika Matematika, Konjungsi dan Disjungsi Pada Arus Listrik

Konjungsi dan Disjungsi Pada Arus Listrik

Pada postingan mengenai Konjungsi dan Disjungsi kita sudah membahas mengenai apa itu konjungsi dan disjungsi itu sendiri.

Konjungsi

Apabila konjungsi dan disjungsi ini diterapkan pada jaringan dan rangkaian listrik dapat digambarkan sebagai rangkaian seri seperti pada gambar dibawah ini :
arus listrik konjungsi
Arus listrik pada gambar diatas tidak dapat mengalir dari titik A ke titik B karena kedua saklar p dan q dalam keadaan terbuka. Agar arus listrik dapat mengalir dari titik A ke titik B, maka kedua saklar tersebut harus ditutup atau dihubungkan. Jika dimisalkan saklar dalam keadaan tertutup diberi simbol "1" dan saklar dalam kondisi terbuka diberi simbol "0", maka tabel kebenarannya dapat ditulis sebagai berikut :


p

q

p ᵥ
q

1

1

1

1

0

0

0

1

0

0

0

0

Disjungsi

Penerapan Disjungsi pada rangkaian listrik dapat dilihat pada gambar rangkaian listrik di bawah ini :
arus listrik disjungsi
Sama seperti halnya Disjungsi pada aliran listrik diatas, arus hanya bisa mengalir dari titik A ke titik B apabila saklar p dan q dalam keadaan tertutup dan apabila kita misalkan kondisi saklar tertutup diberi simbol "1" dan saklar terbuka dengan simbol "0" maka tabel kebenaraannya adalah sebagai berikut :


p

q

p ^ q

1

1

1

1

0

1

0

1

1

0

0

0






0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak