3 Sifat Perhitungan Matematika Dasar

Pekerjaan berhitung bukan merupakan pekerjaan yang asing bagi kita. Pekerjaan ini sudah kita pelajari mulai dari bangku SD. Pada postingan kali ini, kita akan mengulang kembali sifat - sifat dasar operasi perhitungan matematika. 


Sifat - sifat perhitungan bilangan bulat yang telah kita pelajari dulu ada 3 macam. Sifat pertama dikenal dengan Komutatif, dilanjutkan dengan Asosiatif, dan terakhir namanya Distributif. Pada kesempatan kali ini akan kita jabarkan kembali sifat - sifat tersebut

Sifat Komutatif (Pertukaran)

Sifat ini merupakan menukar bilangan yang ada pada sisi sebelah kiri ke sisi sebelah kanan. Hasil dari perhitungan ini akan sama saja dengan perhitungan awal (sebelum dibalik). Sifat ini dipakai baik untuk perhitungan penjumlahan maupun perkalian. Untuk lebih jelasnya akan kita beri contoh sifat ini pada penjumlahan maupun perkalian.
  • Untuk Penjumlahan
Hasil penjumlahan 1 + 2 akan sama dengan 2 + 1 (hasilnya sama - sama 3)

  • Untuk perkalian
Hasil kali antara 1 x 2 akan sama dengan 2 x 1 (hasilnya sama - sama 2) 
 Dari dua contoh diatas, dapat kita lihat bahwa Sifat Komutatif dapat dipakai pada penjumlahan dan perkalian, hasil dari perhitungan pertama sama dengan hasil perhitungan kedua

Sifat Asosiatif (Pengelompokan)

Sifat ini prinsipnya adalah mengelompokkan bilangan berdasarkan bilangan yang sama. Sifat ini juga dipakai pada penjumlahan dan perkalian. Untuk lebih jelasnya kita lihat contoh dibawah ini :
  • Untuk Penjumlahan
Hasil penjumlahan 1 + (2 + 3 ) akan sama apabila kita kelompokan menjadi (1 + 2) + 3 =  6

  • Untuk Perkalian
Hasil perkalian 1 x (2 x 3) akan sama apabila kita kelompokan menjadi (1 x 2) x 3 = 6
Dari dua contoh diatas dapat kita lihat bahwa Sifat Asosiatif dapat dipakai pada penjumlahan dan perkalian

Sifat Distributif (Penyebaran)

Sifat ini dapat dipakai apabila mempunyai bilangan pengali yang sama. Sifat ini agak sulit untuk dijabarkan, akan tetapi akan lebih mudah dipahami apabila kita melihat contoh dibawah ini :
  • (3 x 4 ) + (3 x 6) akan sama dengan 3 x (4 + 6)
  • 5 x (2 + 3) akan sama dengan (5 x 2) + (5 x 3)
  • 2 x 15 akan sama dengan 2 x (11 + 4)
Itulah sifat perhitungan bilangan bulat yang dipakai pada Matematika tingkat dasar khususnya pada tingkat SD. Sifat ini akan kita pakai sampai kapanpun, oleh karena itulah saya merasa sifat ini perlu untuk diingat dan ulangi kembali.


0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak