MATRIKS (PART II)




Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah mengenal apa itu matriks dan jenis - jenisnya. Pada postingan kali ini, kita akan membahas mengenai oprasi - operasi yang terdapat pada matriks.

Pada matriks, operasi - operasi yang ada terdiri dari :

1. Penjumlahan Dua Matriks
              Dua buah matriks hanya dapat dijumlahkan apabila memiliki ordo yang sama. Dimana ordo dari matrik penjumlah sama denga ordo matriks yang dijumlahkan. Ini berarti ordo dari matriks hasil penjumlahan pun berjumlah sama. Contoh :

  • Matriks dan matriks , maka  atau


2. Pengurangan Dua Matriks
                Sama dengan penjumlahan dua buah matriks, untuk pengurangan dua buah matriks pun hanya dapat dilakukan pada dua buah matriks yang memiliki ordo yang sama. Contoh :
  • Matriks dan matriks , maka  atau 
3. Perkalian Matriks

               Perkalian matriks dapat dibagi menjadi dua yaitu :

      a. Perkalian matriks dengan bilangan real
  • jika , maka  atau 
      b. Perkalian dua matriks
Berbeda dengan penjumlahan ataupun pengurangan, perkalian antara matriks dengan matrisk atau dengan bilanga real dapat dilakukan antara matriks yang berbeda ordo. Contoh : dan , maka  atau.
Khusus untuk perkalian dua matriks,, perkalian antara matriks A dengan matriks B tidak dapat dilakukan, yang bisa dilakukan hanya perkalian antara matrisk B dengan matriks A. Ini dikarenakan sifat perkalian matriks yang mengikuti aturan. Aturan tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak