Memahami ALJABAR

Apa itu aljabar

Mungkin kita sering mendengar istilah ini, tapi belum memahami makna dari aljabar tersebut.
Seperti yang kita ketahui bahwa aljabar diciptakan pertama kali oleh Al Khawarizmi, beliau adalah seorang ilmuwan muslim yang terkenal yang hidup pada masa 3500 tahun yang lalu.

Aljabar sendiri berasal dari kata "Al - Jabr" yang berarti memiliki hubungan atau bisa juga penyelesaian. Jika dilihat dari sumber wikipedia.com aljabar mempunyai definisi sebagai suatu cabang ilmu matematika yang mempunyai konsep atau prinsip penyederhanaan serta pemecahan masalah dengan menggunakan simbol atau huruf tertentu.


Jenis - Jenis ALJABAR

Secara umum, aljabar itu sendiri dapat dibagi menjadi 5 kategori yaitu :
  1. Aljabar Dasar yaitu : disebut juga dengan aljabar elementer yaitu dasar - dasar atau pokok - pokok dari aljabar. Aljabar ini mempelajari sifat - sifat pada operasi bilangan riil yang memnpunyai bentuk dalam simbol atau konstanta. Aljabar dasar ini dipelajari pada pelajaran matematika di sekolah.
  2. Aljabar Abstrak yaitu : aljabar abstrak mempelajari struktur aljabar dalam bentuk Ring, Grup, dan Medan (fields) yang kemudian diajarkan serta didefinisikan dengan cara aksiomatis.
  3. Aljabar Linear yaitu : Aljabar ini mempelajari sifat-sifat khusus yang terjadi pada ruang vektor. aljabar ini juga mempelajari Matriks.
  4. Aljabar Universal yaitu : ilmu aljabar yang mempelajari semua jenis aljabar.
  5. Aljabar Komputer yaitu : aljabar yang mengumpulkan simbol dari semua hasil manipulasi komputer.

Unsur - Unsur Aljabar

Aljabar dibentuk dari beberapa unsur, unsur - unsur yang membentuk aljabar itu adalah :
  1. Variabel : dapat diartikan dengan lambang atau simbol yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan yang nilainya belum diketahui secara pasti ataupun belum jelas. Variabel biasanya disimbolkan dengan huruf x, y , z dst....
  2. Suku : merupakan nilai yang menyusun suatu bentuk aljabar baik berupa variabel dengan koefisiennya dan juga dengan konstantanya. Macam - macam suku dalam aljabar adalah sebagai berikut :
    • Suku satu : bentuk aljabar yang tidak memiliki operasi hitung contoh x, y, 
    • Suku dua : bentuk aljabar dengan satu buah operasi hitung contoh x + y
    • Suku tiga : bentuk aljabar dengan dua buah operasi hitung contoh x + y + z
  3. Konstanta yaitu : bilangan yang berdiri sendiri atau suatu bilangan yang tidak diikuti oleh sebuah variabel. contoh : 12, 13, 1, 2 dll
Itulah sekilah informasi tentang ALJABAR yang merupakan salah satu cabang dari ilmu matematika yang dipelajari di dunia.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak