PENJUMLAHAN DALAM MICROSOFT EXCELL

Pada postingan kali ini, kita akan melihat cara menggunakan excel untuk operasi penjumlahan. Kenapa kita memakai excel? karena cara ini adalah cara yang paling mudah dan gampang, juga karena excel itu merupakan aplikasi dari MICROSOFT yang paling banyak digunakan.

Sebelum membahas cara melakukan operasi penjumlahan dalam Microsoft Excel, kita bahas sedikit mengenai apa itu Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi perkantoran yang digunakan untuk mengolah data akuntansi ataupun data - data dalam angka. Kenapa saya menulis angka disini, karena blog ini membahas mengenai matematika yang tentu saja berkaitan erat dengan angka -angka bukan tulisan. Walaupun sebenarnya Ms. Excel itu sendiri dapat digunakan untuk angka dan huruf, tapi disini kita akan menitik beratkan pada penggunaan angka - angka dan rumus - rumus. Saya tidak akan menjelaskan tentang struktur atau tutorial excel, untuk tutorial excel silahkan googling di internet.

Setelah membahas mengenai Ms. Excel, mari kita lihat cara melakukan operasi penjumlahan dalam Ms. Excell. Untuk melakukan penjumlahan ada beberapa cara yang digunakan yaitu :


  • Menggunakan fungsi sum yang terdapat pada aplikasi excel.
Sum dalam Excell
Sum Excel
Cara ini dapat dilakukan dengan mudah, hanya dengan memblok data yang ingin dijumlahkan kemudian pilih AutoSum. Kelemahan dalam menggunakan fungsi sum ini adalah ketika kita ingin menjumlahkan data pada sheet atau tabel yang berbeda. Cara ini tidak dapat dilakukan, untuk melakukannya kita harus menggunakan rumus penjumlahan.
  • Menggunakan rumus
Cara ini merupakan cara yang umum dilakukan untuk menjumlahkan data dari berbagai posisi data. Cara menggunakan rumus dalam excel sangat mudah, terutama untuk penjumlahan ,pengurangan, pembagian dan perkalian.
Rumus yang digunakan untuk penjumlahan adalah :

 "= SUM (A1+B1)" atau "= A1 + B1"

dari kedua cara tersebut silahkan dipilih mana yang lebih mudah untuk diterapkan. Hasilnya akan sama untuk kedua rumus tersebut.
Rumus Excel
Penjumlahan Dengan Rumus
Demikian postingan kali ini, yang singkat dan sederhana. Mudah - mudahan artikel ini dapat membantu untuk menggunakan rumus matematika sederhana khususnya penjumlahan dalam excel.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak