Perlukah Rumus MATEMATIKA Dihafal?



Perlukah Rumus MatematikaMelihat dari posting terdahulu mengenai Ajarkan Anak Berhitung Secara Atraktif, Menarik dan Konspetual, disitu saya membahas bahwa matematika harus diajarkan secara konseptual. Akan tetapi pada kenyataannya tenaga pendidik masih saja menyuruh untuk menghafal rumus - rumus matematika. Bagaimana dengan fenomena ini, pertanyaan ini sering muncul dan menjadi keraguan bagi siswa dalam menentukan apakah rumus - rumus dalam matematika harus dihafal atau tidak..?
Untuk menjawab pertanyaan ini perlu ditegaskan bahwa alasan seseorang menemukan rumus adalah untuk membuat suatu persoalan menjadi sistematis dan terarah. 
Misalnya rumus trigonometri, disekolah kita mengenal rumus Phytagoras yaitu rumus untuk menentukan panjang sisi suatu  segitiga. Sisi segitiga tersebut diberi label a, b,dan c. Jika dimisalkan sisi miring suatu segitiga adalah sisi c, maka rumus untuk menentukan panjang c adalah " menambahkan kuadrat sisi a dengan kuadrat sisi b kemudian mengakarkannya". 
Nah jika melihat konsep dari rumus Phytagoras diatas, tentu akan membuat anak yang sulit menghafal akan menjadi kesulitan.

Kenapa rumus MATEMATIKA dibuat

Rumus matematika dibuat dengan tujuan memudahkan dalam menghafal konsep dan mudah dalam menganalisa langkah - langkah dari jawaban soal itu. Jika kita ganti sisi a dengan alas, sisi b dengan sisi tegak, dan sisi c dengan sisi miring maka menyelesaikan masalah mencari sisi miring ini akan lebih panjang jika kita tulis sebagai berikut : " menambahkan kuadrat sisi alas dengan kuadrat sisi tegak kemudian mengakarkannya ". Coba bandingkan mana yang lebih mudah !! Berikutnya coba kita ganti kalimat diatas menggunakan rumus Phytagoras. Mana yang lebih mudah diingat dan ditulis? jawabannya tentu saja menggunakan rumus. Itulah alasan kenapa rumus matematika itu dibuat

Bisakah mahir MATEMATIKA tanpa menghapal rumus?

Tentu saja bisa. Akan tetapi ada beberapa hal yang sebaiknya kita menggunakan rumus. Contohnya adalah rumus TRIGONOMETRI, dan ATURAN SINUS, COSINUS, dan TANGENSIAL. Untuk pelajaran ini saya menyadari bahwa ada beberapa rumus yang memang harus dihafalkan, akan tetapi tidak perlu semuanya. Cukup yang dasar - dasar saja. Dalam perkuliahan tentu kita bisa mengetahui dari mana datangnya rumus tersebut. Akan tetapi untuk siswa yang masih sekolah, saya sarankan untuk menghafalkannya saja.

Rumus MATEMATIKA apa yang harus dihafal

Untuk pertanyaan ini, saran saya hafal beberapa rumus dasar untuk materi antara lain:
Mudah - mudahan artikel kali ini bisa menjawab pertanyaa seputar Perlukah Rumus MATEMATIKA Dihafal?


0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak