BELAJAR STATISTIKA DENGAN MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007


A. STATISTIKA
Sebelum memulai belajar microsoft office excel 2007 , kita terlebih dahulu akan membahas mengenai STATISTIKA. Statistik adalah kumpulan data dalam bentuk angka atau non angka yang disusun, ditabulasikan dan digolongkan sehingga menggambarkan suatu masalah tertentu. Sedangkan STATISTIKA adalah ilmu yang berkaitan dengan metode, teknik atau cara dalam mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisa data, dan menarik kesimpulan data.
Data dapat dikumpulkan dengan cara sebagai berikut :
  1. Wawancara ( interview )
  2. Angket ( Kuisioner )
  3. Pengamatan Langsung ( Obeservasi )
Kumpulan data atau objek yang sedang diteliti disebut dengan POPULASI dan sebagian ataupun keseluruhan data yang yang diambil dari sebuah populasi disebut dengan SAMPEL. Berikutnya DATUM merupakan keterangan atau hasil dari OBSERVASI ( Pengamatan Langsung ). Sedangkan DATA merupakan kumpulan dari DATUM – DATUM.
Diatas sudah dijelaskan bahwa data bisa berupa angka ataupun non angka, untuk data yang berupa angka disebut dengan DATA KUANTITIF dan untuk data berupa non angka disebut dengan DATA KUALITATIF.
Karena dalam statistika terdapat banyak data, maka untuk mempermudah dalam penyajian dan melihat data tersebut ada 2 teknik umum dalam penyajian sebuah data yaitu :
  1. Tabel
    Tabel merupakan kumpulan data (populasi data) yang disusun berdasarkan kategori – kategori data dan disajikan dalam bentuk BARIS dan KOLOM.
  2. Diagram
    Merupakan penyajian data dalam bentuk gambar
B. MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007
Dalam Microsoft Office Excel 2007 sudah ada perintah langsung untuk mencari data – data dalam STATISTIKA yaitu :
  1. Rata – rata hitung (MEAN)
  2. Kuartil dan Median
  3. Dispersi ( Ukuran Penyebaran)
1. Mencari RATA – RATA HITUNG (MEAN)
Untuk mencari rata – rata hitung dengan Microsoft Office Excel 2007 caranya sangat mudah, langkah – langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
Jika suatu data diberikan seperti gambar dibawah ini
Data_ImgID1
untuk mencari MEAN dari data tersebut cukup pilih AVERAGE seperti pada gambar diatas, selanjutnya pilih data dari A2 sampai F6 seperti pada gambar dibawah. lalu tekan ENTER
2. Kuartil dan Median
Sebelum mencari kuartil dan Median, kita harus tahu dulu apa itu kuartil dan median. KUARTIL adalah data yang diperoleh dengan membagi keseluruhan data setelah diurutkan dari nilai paling kecil ke yang paling besar. Pada Microsoft Office Excel 2007 kita tidak perlu mengurutkan data, karena Microsoft Office Excel 2007 sudah melakukan hal tersebut secara otomatis.
Kuartil tersebut dapat dipecah menjadi 3 bagian yaitu kuartil bawah, tengah dan atas.
Untuk mencari kuartil bawah dalam Microsoft Office Excel 2007 caranya yaitu :
Pilih Auto SUM , lalu pilih “more function
median_ImgID1
Selanjutnya ketik “QUARTILE”
QUARTILE_ImgID1
Pada pilihan array masukkan data dari A2 sampai F6 dengan memblok tabel tersebut, lalu klik OK. Selanjutnya pada pilihan quart masukkan angka 1 seperti pada gambar dibawah ini.
QUARTILE1_ImgID1
Hasil Quartile 1_ImgID1
Cara ini sama untuk mencari kuartil tengah (median) dan kuartil atas, bedanya hanya mengganti nilai quart dengan 2 untuk tengah dan 3 untuk atas.
3. Modus
Modus adalah data yang paling banyak muncul dalam suatu populasi data.
Dari data diatas mencari suatu modus dalam Microsoft Office Excel 2007 caranya adalah sebagai barikut :
Pilih Auto SUM , lalu pilih “more function
Modus_ImgID1
Selanjutnya ketik “MODE”
Mode_ImgID1
Lalu pada number masukkan blok data dari A2 sampai F6, lalu klik OK.
number_ImgID1
hasil mode_ImgID1

Akhirnya cukup sekian dulu postingan dan pembelajaran untuk hari ini mengenai Belajar Statistika Dengan Microsoft Office Excel 2007. Untuk tahap awal cukup di pelajari dan diulang – ulang dengan data yang ada disekolah anda. Mudah – mudahan postingan kali ini bisa membantu anda dalam menjawab soal – soal tentang STATISTIKA di sekolah.
Ingat, ini hanya digunakan dalam melihat hasil perhitungan dari soal – soal di sekolah, bukan untuk contekan tanpa mempelajari pelajaran tentang STATISTIKA terlebih dahulu.




0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak