Penting Diketahui Untuk Menyelesaikan Permasalahan Nilai Mutlak

nilai mutlak

Sebelum membahas mengenai pentingnya nilai mutlak, mari kita lihat materi tentang nilai mutlak pada postingan NILAI MUTLAK terdahulu. Pada postingan NILAI MUTLAK kita sudah membahas mengenai teori dan konsep nilai mutlak beserta contoh soal dan penyelesaiannya. Pada postingan kali ini kita akan membahas lebih rinci dan dalam mengenai konsep dan pentingnya nilai mutlak untuk menyelesaikan masalah - masalah mengenai materi nilai mutlak. Berikut akan kita bahas lebih dalam.

Pendahuluan

Nilai mutlak adalah persamaan apapun yang memiliki ekspresi nilai mutlak. Nilai mutlak seperti yang sudah kita bahas pada postingan terdahulu  dinotasikan dengan lambang "kurung lurus" "|x|". Yang perlu diingat mengenai nilai mutlak ini adalah bahwa nilai yang terdapat didalam tanda kurung lurus ini selalu bernilai positif. Artinya setiap angka walaupun berupa tanda negatif ("-") hasil sebenarnya merupakan angka positif. Dalam bahasa inggris, nilai mutlak ini disebut dengan absolut (abs)

Definisi Secara Geometri

Perhatikan gambar disamping. Panah menunjukkan arah kekiri dalam bidang koordinat x. Prinsipnya, pada fisika konsep besaran dan vector itu berbeda. Untuk memahami pelajaran fisika khususnya materi Gerak Lurus baik itu Gerak Lurus Beraturan maupun Gerak Lurus Berubah Beraturan , konsep dari nilai mutlak ini menjadi sesuatu yang harus dipahami dan dipelajari dengan seksama. 
Berdasarkan gambar di atas tadi, kita bisa melihat nilai jarak dari anak panah adalah 6. Dapa disimpullan bahwa Jarak merupakan suatu besaran karena kita tahu dalam FISIKA, besaran itu tidak memiliki arah yang artinya nilai nya selalu positif. Sama halnya dengan nilai mutlak. Nilai mutlak tidak memiliki nilai negatif. 

Bagaimana Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak

Setelah mengetahui pengertian dan definisi nilai mutlak secara lebih mendalam, berikutnya akan kita coba untuk menyelesaikan persoalan nilai mutlak dengan tahapan - tahapan agar mendapatkan hasil dan jawaban yang lebih rapi.

1. Bagilah persamaan menjadi satu persamaan positif dan persamaan negatif
Apabila didapatkan soal nilai mutlak, contoh 
Dalam contoh diatas, buatlah terlebih dahulu persamaan positif dan persamaan negatifnya dengan menghilangkan nilai mutlaknya. Untuk membuat persamaan negatif tambahkan nilai negatif didepan tanda kurung. Untuk lebih memahaminya, lihat penyelesaian dibawah.

2. Tentukan Himpunan Penyelesaian yang Mungkin
Carilah Himpunan Penyelesaian yang Mungkin untuk menyelesaikan persamaan positif. Selesaikan persamaannya dan carilah jawaban yang mungkin menjadi salah satu penyelesaian
untuk soal diatas.

3. Selesaikan Persamaan Negatifnya.
Setelah menyelesaikan persamaan positif, kita beralih ke persamaan negatif. Selesaikan juga persamaan ini dan cari himpunan penyelesaian yang mungkin untuk dijadikan jawaban.

4. Periksa Hasil Penyelesaian
Berikutnya adalah dengan memeriksa hasil HP dari persamaan positif dan persamaan negatif. Cocokkan kembali himpunan penyelesaian yang didapatkan ke dalam persamaan nilai mutlak (contoh soal). Ingat !! uji kembali kedalam contoh soal bukan ke dalam persamaan positif atau negatif.
4 Cara menyelesaikan soal Nilai Mutlak secara teratur dan rapi diatas akan dijelaskan dalam gambar dibawah ini.

Menyelesaikan Nilai Mutlak

Itulah cara menyelesaikan soal nilai mutlak yang menjadi acuan pada beberapa ilmu lain. Semoga artikel kali ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan soal nilai mutlak secara baik dan rapi. Baca juga artikel tentang nilai mutlak yang lain disini.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak