Limit Fungsi dalam Matematika SMA



Pendahuluan

Limit dalam kata sehari - hari berari batas, begitu pula dalam matematika limit didefinisikan sebagai batas akhir baik itu dalam posisi awal atau akhir. Berdasarkan fungsinya, limit dapat dibagi menjadi 4 kategori yaitu :
  • Limit Aljabar, yang membahas mengenai limit dalam fungsi aljabar
  • Limit Trigonometri, yang membahas mengenai fungsi limit dalam fungsi trigonometri
  • Limit eksponensial dan logaritma, yang membahas mengenai fungsi limit dalam fungsi eksponensial dan logaritma
  • Limit fungsi bilangan logaritma natural
Fungsi limit itu sebenarnya adalah untuk membatasi hitungan matematis agar tidak terlalu menjauh dari nilai yang diinginkan. Itulah sebabnya kenapa limit itu memiliki batas bawah dan batas atas dengan tujuan agar perhitungan selalu merujuk kedalam batas - batas tersebut.
Dalam kehidupan sehari - hari, apapun yang kita lakukan memiliki limit. Misalnya saja jika kita sedang melakukan ujian, limit untuk mengerjakan semua soal ujian tersebut biasanya diberikan contohnya saja selama 60 menit atau satu jam. Ini berarti selama rentang waktu satu jam tersebut, kita harus menyelesaikan semua jawaban dari soal ujian yang diberikan. Itulah kenapa limit diberikan agar semua pekerjaan kita mempunyai akhir dan batasan - batasan tertentu.

Simbol dari LIMIT FUNGSI

Dalam pelajaran limit fungsi dalam Matematika SMA, Limit fungsi dilambangkan dengan 


Arti dari di atas adalah, jika nilai x mendekati nilai a maka nilai f(x) akan mendekati nilai dari L

Sifat dari LIMIT FUNGSI

Seperti halnya bab yang lain, limit fungsi juga mempunyai sifat yang harus dipahami dan dilatih agar bisa menyelesaikan setiap soal dan pembahasan yang akan diujikan mengenai materi limit fungsi. Sifat dari limit fungsi tersebut adalah



0 komentar:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan bijak